PROMOSI MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS
Jln. Kyai Ahmad Fadlil II No.53 Kampus Pesantren Darussalam Ciamis PO BOX No. 2 Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis 46271
No. Tlp / Fax : ( 0265 ) 773624
Email : info@mandarussalam.sch.id
Terakreditasi-“A”
(Oleh BAP-S/M, No.02.00/11/112/BP-SM/SK/X/2015 Nilai 98)
PROGRAM STUDI
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
- Keagamaan (Unggulan)
- Intensive Science Class (Unggulan IPA/IPS)
Pada paruh 1929, Kyai Ahmad
Fadlil (meninggal tahun 1950) ayahanda K.H. Irfan Hielmy (alm), memulai kisah
pendirian Pondok Pesantren dengan sebuah mesjid dan sebuah bilik sebagai
asrama. Santri yang pertama mondok adalah pemuda-pemuda setempat yang tidak
saja diajarai ilmu-ilmu agama tetapi diajak mengolah sawah, bercocok tanam, dan
diberi contoh bagaimana memelihara bilik dan memakmurkan mesjid. Pesantren
Cidewa, sebutan untuk komunitas baru itu, dengan cepat mendapat simpati serta
dukungan dari masyarakat sekitar bahkan di tahun-tahun pertama mulai dikenal
luas dan Iebih banyak lagi santri yang mondok. Tanah Pondok Pesantren
Darussalam Ciamis ini adalah hasil wakaf dari suami-istri Mas Astapraja dan
Siti Hasanah di Kampung Kandanggajah, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing,
Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Pada tahun 1967 mulai dirintis
penyelenggaraan sistem pendidikan formal dengan mengadaptasi model klasikal,
dan sampai saat ini semua jenjang pendidikan dari mulai Taman Kanak-kanak (TK)
atau Raudlatul Athfal (RA) telah berdiri hingga Perguruan Tinggi.
Lembaga pendidikan formal pertama yang didirikan oleh Pesantren Darussalam
Ciamis adalah Raudhlatul Athfal (RA) pada tahun 1967, kemudian pada tahun 1968
berdiri Madrasah Ibtidaiyah (MI) setingkat SD, dan Madrasah Tsanawiyah
(setingkat SMP) berdiri pada tahun 1969. Kemudian pada tahun 1969 berdiri
Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN) yang semula merupakan Madrasah
Aliyah Swasta Darussalam Kabupaten Ciamis berdasarkan Keputusan Menteri Agama
RI No. 62 Tahun 1969 pada tangal 2 Djuli tahun 1969. Dan dalam konsideran SK
Menteri Agama tersebut dinyatakan bahwa selama Anggaran Belanja Departemen
Agama untuk keperluan tersebut tidak mencukupinya, maka biaya pembinaan
selanjutnya dibebankan kepada Pengasuh Pesantren Darussalam Ciamis.
Dalam perjalanannya yang telah
mencapai usia 41 tahun ini, MAN Darussalam Ciamis berkomitmen pada aturan yang
berlaku yang kemudian dikembangkan dengan arah kebijakan madrasah serta
pendayagunaan potensi tenaga edukatif, tenaga administratif serta fasilitas
sarana yang ada di MAN Darussalam Ciamis. Kondisi demikian tentu akan
menunjukan jati dirinya dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hal ini
dapat dibuktikan dengan berbagai keberhasilan yang dicapai peserta didik.
Demikian pula sebagai arah timbal balik hubungan madrasah dengan masyarakat,
MAN Darussalam Ciamis telah menunjukkan perhatian serta kepercayaan masyarakat
yang semakin positif. Hal ini pun dapat dibuktikan dengan peminat siswa dari
tahun ke tahun yang terus meningkat sehingga dalam penerimaan siswa baru
diadakan seleksi melalui batasan nilai (hasil Ujian Nasional dan tes khusus).
Kendatipun demikian, sebagai
suatu proses usaha pendidikan yang menghadapi berbagai heteroginitas dalam
komponen-komponennya, maka tidak menutup mata terhadap berbagai kekurangan yang
perlu disempurnakan. Oleh karena itu dalam mengoperasionalkan usaha pendidikan
pada MAN Darussalam Ciamis, secara berkesinambungan pimpinan madrasah serta
seluruh mitra kerjanya senantiasa berfikir inovatif dan prosfektif menuju
pendidikan yang bermutu.
Dalam perjalannya sampai sekarang, Alhamdulillah MAN Darussalam Ciamis telah
mampu melengkapi dirinya dengan sarana dan prasarana yang tidak kalah dari
sekolah lainnya, demi mendukung pengembangan keilmuan yang diharapkan seluruh
pihak, misalnya laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mencakup
Laboratorium Fisika, Kimia, dan Bilogi. Selain itu dilengkapi pula dengan
Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer.
Demikian pula dengan unsur
pendidiknya, MAN Darussalam Ciamis terus berusaha menjalin kerjasama baik
dengan sesama pendidik dalam negeri maupun dengan para pendidik dari
mancanegara, khususnya dari Asia dan Amerika, juga para siswanya pernah
diikutsertakan dalam program pertemuan pelajar ke Jepang, dan guru ke Amerika
Serikat (AS).
Disamping itu, MAN Darussalam Ciamis tetap berpegang teguh pada prinsip utama
yaitu mencetak manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
tanpa melupakan keimanan dan ketaqwaan (Imtak). Kegiatan keagamaan sesuai ciri
Madrasah terus dikembangkan sehingga cita-cita tersebut bisa tercapai.
Keberhasilan penyelenggaraan
pendidikan di MAN Darussalam Ciamis dapat tercapai apabila proses pembelajaran
mampu membentuk pola prilaku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan,
serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes.
Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang
matang dan terencana dengan baik supaya dapat memenuhi.
Adapun para Kepala yang pernah
memimpin/bertugas di MAN Darussalam Ciamis adalah sebagai berikut:
- KH. Ibrahim Ahmad (1969 – 1994)
- Drs. H. Wahyudin, M. Pd. (1994 – 2004)
- Dra. Hj. Eulis Fadilah Jauhar Nafisah, M. Pd. I
(2004 – 2010)
- Drs. Tatang Ibrahim, M. Pd (2010 – 2012)
- Dra. Hj. Eulis Fadilah Jauhar Nafisah, M. Pd. I
(2012 – 2017)
- Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd (2017 – sekarang)

Idan Nurdiana, S.Pd., M.Pd.
Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis
VISI MISI DAN TUJUAN
A. Visi
Terwujudnya Madrasah yang
unggul dalam kepemimpinan dan pengajaran berbasis pesantren dan berwawasan
global.
B. Misi
- Mengupayakan terwujudnya sistem penjaminan mutu
madrasah bertaraf internasional yang ditujukan untuk kepentingan bangsa
dan negara
- Menciptakan suasana kondusif dalam mewujudkan
peserta didik yang berprestasi, cerdas, trampil, kreatif dan produktif
- Menumbuhkan dan mengembangkan minat dan motivasi
peserta didik
- mengembangkan layanan propesional dan manajemen
yang terbuka
- menyebarkan semangat keteladanan, demokrasi,
toleransi dan berpikir positif
C. Tujuan
- Menciptakan peserta yang menjunjung tinggi dalam
memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
- Menciptakan peserta didik yang menjunjung tinggi
dan memiliki kemandirian dalam bersikap, bertindak dan berfikir akhlakul
karimah
- Mewujudkan suasana kondusip bagi proses
pembelajaran
- Menyediakan sarana dan media pembelajaran yang
efektif dan inofatif
- Membangun tenaga kependidikan agar terwujud suasana
pembelajaran yang kondusif, efektif dan inopatif
- Mendorong tumbuhnya motivasi berprestasi yang
tinggi dikalangan peserta didik
- Mengimplementasikan KTSP dan budaya komperatif